Loading...
d11edb28a50cd128f34e93b27f95692d.jpg

MELALUI LAZISMU PROVINSI GORONTALO MAHASISWA PSIKOLOGI UMGO BERANGKAT KE SULBAR

Senin/25/01/2021
Giat pagi ini di posko pengungsian korban gempa Sulawesi Barat, Prodi Psikologi Universitas Muhammadiyah Gorontalo dalam hal ini diwakili oleh Dosen Lenny Syamsuddin dan mahasiswa semester V (Lima) Moh. Wahyu Madina  sekaligus Ketua Hmps Psikologi Umgo periode 2021 - 2022 melakukan pendampingan Psikosisal sebagai bentuk pengabdian dan kepedulian terhadap korban bencana alam di SULBAR..

Salah satu upaya yang dilakukan oleh PP Muhammadiyah adalah mengkoordinasikan melalui
Asosiasi Psikologi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (APSI PTM) untuk memberikan 
bantuan psikososial pada penyintas di seluruh titik bencana. Hal ini langsung di respon 
oleh Ketua Program Studi Psikologi dengan mengkoordinasikan langsung anjuran APSI-PTM
Juga dengan ketua Lazismu Provinsi Gorontalo dan Rektor Universitas 
Muhammadiyah Gorontalo.

Kegiatan pengabdian yg dilakukan saat ini adalah Trauma Healing atau pemulihan trauma pasca terjadinya gempa bumi kepada para korban terutama anak-anak, sehingga rasa trauma yg ada pada diri mereka dapat dihilangkan secara perlahan..
Pada anak-anak trauma healing dapat dilakukan dengan beberapa metode. Salah satunya yaitu melalui Play Therapy (seperti tampak pada gambar ini), lewat metode ini anak-anak diajak untuk mengatasi traumanya melalui media permainan. Dengan mengajak mereka bermain bisa membantu mengalihkan fokus anak dari situasi tidak kondusif menjadi menerima situasi yg sedang ia hadapi saat ini.  Sedangkan pada orang dewasa, trauma healing dapat dilakukan dengan cara konseling..


#memberiuntuknegeri
#lazismuprovinsigorontalo
#UMGO
#PsikologiUMGO